Selamat Datang di Website Resmi
DESA SIDOKUMPUL

Jl, Pasar Sore No. 175 Desa Sidokumpul
KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN Provinsi Jawa Timur
Kode Pos 62264

call 03199113332| mail_outline desa.sidokumpul@yahoo.com

Selamat datang di Website Resmi Desa Sidokumpul, segala informasi mengenai Desa Sidokumpul akan dimuat dalam website ini. Menyongsong Transformasi Digital, Transpansi dan Akuntabel ---- PEMERINTAH DESA SIDOKUMPUL MENGUCAPKAN MARHABAN YA RAMADHAN 1442 H/2021 M. SELAMAT MENJALAKAN IBADAH PUASA----
fingerprint
Prosedur Pengurusan Kartu Keluarga

date_range 31 Ags 2016 03:10:10 favorite 185 Kali

Bagi keluarga yang masih baru, maka hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah mulai mengurus Kartu Keluarga (KK) sendiri. Dengan kartu keluarga inilah segala hal yang berkaitan dengan urusan administrasi dan pelayanan kependudukan akan dibuat . Ketika anda hendak membuat KTP anggota keluarga anda, maka anda butuh kartu keluarga. Ketika anak anda akan mendaftar sekolah, maka anda juga butuh kartu keluarga. Masih banyak lagi fungsi kartu keluarga untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi dan pelayanan kependudukan.

Untuk itulah, kami sarankan untuk sesegera mungkin membuat kartu keluarga yang baru begitu anda menikah dan membangun rumah tangga yang baru.

Dulu ketika kami baru saja menikah, maka kami tidak menunda untuk membuat Kartu Keluarga sendiri, dan memisahkan diri dari Kartu Keluarga milik keluarga besar kami masing -masing. Ya.. tentu saja kita harus sabar, cermat, dan telaten dalam memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan dan menembus birokrasi pengurusan KK baru. Nah, pada artikel kami kali ini, akan kami bagikan beberapa informasi yang dapat membantu anda semua dalam mengurus kartu keluarga (KK) yang baru.

Kartu Keluarga (KK)

Definisi : Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang nama, susunan, dan hubungan dalam keluarga serta identitas anggota keluarganya.

Setiap Kartu Keluarga memiliki nomor seri yang akan tetap berlaku selama tidak terjadi perubahan Kepala Keluarga. Adapun jika yang terjadi perubahan susunan keluarga dalam Kartu Keluarga, maka wajib kita laporkan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, selambat – lambatnya 30 hari sejak terjadinya perubahan.
Kartu Keluarga adalah bukti yang sah dan kuat atas status identitas keluarga dan anggota keluarga .

Lalu apa yang harus kita lakukan jika ingin mengurus pembuatan Kartu Keluarga? Berikut langkah – langkahnya :

  1. Meminta surat pengantar pembuatan kartu keluarga baru ke RT setempat dan dilanjutkan distempel ke RW.
  2. Mendatangi kantor kelurahan setempat untuk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembuatan Kartu Keluaraga dengan membawa persyaratan – persyaratan berikut :

Untuk kasus penambahan anggota keluarga maka syarat yang harus dibawa :

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Kartu Keluarga yang lama
  • Surat Keterangan Kelahiran dari calon anggota keluarga baru yang akan ditambahkan.
  • Sedangkan untuk kasus penambahan anggota keluarga untuk numpang Kartu Keluarga, maka persyaratannya :
  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Kartu Keluarga yang lama atau Kartu Keluarga yang ditumpangi.
  • Surat Keterangan Pindah Datang ( bagi yang kedatangan)
  • Surat Keterangan Datang dari luar negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri.
  • Paspor , Izin Tinggal Tetap, Surat Keterangan Catatan Kepolisian/ Surat Tanda Lapor Diri( bagi orang asing)

Untuk kasus pengurangan anggota keluarga

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Kartu Keluarga yang lama
  • Surat Keterangan Kematian (bagi yang meninggal dunia)
  • Surat Keterangan Pindah / pindah datang ( bagi penduduk yang pindah)

Untuk kasus Kartu Keluarga yang hilang atau rusak, persyaratannya :

  • Surat pengantar dari RT/RW
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • Kartu Keluarga yang rusak ( kasus KK yang rusak )
  • Foto kopi dokumen kependudukan dari salah satu anggota keluarga
  • Dokumen keimigrasian bagi orang asing

Setelah anda selesai mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembuatan Kartu Keluarga baru di kantor kelurahan setempat dengan membawa persyaratan – persyaratan di atas, maka selanjutnya anda pergi ke kantor kecamatan untuk proses penerbitan Kartu Keluarga. Selesai .
Sedangkan jika pembuatan Kartu Keluarga baru dikarenakan proses kedatangan antar kabupaten/kota, propinsi, maka setelah menyelesaikan proses di kantor kelurahan, anda harus melanjutkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, baru pergi ke kantor kecamatan untuk proses penerbitan Kartu Keluarga baru.


Biaya membuat Kartu Keluarga Baru
Berdasarkan UU No 24 tahun 2013 pasal 79 A menyebutkan bahwa pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan ( KK, KTP-el, akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan, akte perceraian, dan  lain – lain) TIDAK DIPUNGUT BIAYA / GRATIS. Kalau masih ada yang dipungut biaya, silahkan laporkan ke atasannya atau kepala dinas yang bersangkutan.

Bagaimana Mengurus Kartu Keluarga yang Hilang?
Untuk mengurusnya, maka kepala keluarga datang ke kentor kecamatan setempat dengan membawa :

  1. Laporan kehilangan dari kepolisian
  2. Pengantar RT/RT
  3. KTP dari salah satu orang yang ada di KK
  4. Formulir permohonan dari kelurahan
business
Komentar

Pada artikel ini

  • person
    Mulyono

    28 Agustus 2018 14:34:01

    Ini sangat bagus sekali untuk pengembangan informasi desa, kalau bisa supaya dikembangkan untuk desa yang lain se kecamatan paciran. ????????
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

assessment Statistik DESA

event Agenda


Agenda
  • date_range 20 Mei 2020 19:30:00
    place Lokasi : GEDUNG SERBA GUNA DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BST tahap 2. Penyalur POS
  • date_range 12 Juni 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Pos Paciran
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID

PENCAIRAN JARING PENGAMAN SOSIAL (JPS)
  • date_range 23 Juni 2020 12:00:00
    place Lokasi : KANTOR BALAI DESA KEMANTREN
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

PENCARIAN BANTUAN LANSUNG TUNAI (BLT DANA DESA)
  • date_range 25 Juni 2020 14:00:00
    place Lokasi : KANTOR BALAI DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BST tahap 3. Penyalur POS
  • date_range 07 Juli 2020 09:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BLT Dana Desa Tahap 3
  • date_range 25 Agustus 2020 13:30:00
    place Lokasi : Gedung Serbaguna
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID

Pencairan BST tahap 4 dan 5. Penyalur POS
  • date_range 01 September 2020 09:00:00
    place Lokasi : Kantor Pos Paciran
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID

Pencairan BST tahap 6 Penyalur POS
  • date_range 20 September 2020 09:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BST tahap 7 Penyalur POS
  • date_range 11 Oktober 2020 09:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

PENCAIRAN JARING PENGAMAN SOSIAL (JPS) TAHAP 2
  • date_range 22 Oktober 2020 09:00:00
    place Lokasi : GEDUNG SERBA GUNA DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : ABDULLAH ARIF

Pencairan BST tahap 8 Penyalur POS
  • date_range 07 November 2020 09:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BLT Dana Desa Tahap 4, 5 Dan 6
  • date_range 13 November 2020 15:00:00
    place Lokasi : GEDUNG SERBA GUNA DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BST tahap 9 Penyalur POS
  • date_range 28 November 2020 09:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : ABDULLAH ARIF

Pencairan BLT Dana Desa Tahap 7, 8 Dan 9
  • date_range 14 Desember 2020 15:00:00
    place Lokasi : GEDUNG SERBA GUNA DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : IDHAM KHOLID EFFENDY

Pencairan BST Bulan Januari Tahun 2021 Penyalur POS
  • date_range 11 Januari 2021 08:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : ABDULLAH ARIF

PENCAIRAN JARING PENGAMAN SOSIAL (JPS) TAHAP 3
  • date_range 22 Januari 2021 09:00:00
    place Lokasi : GEDUNG SERBA GUNA DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : ABDULLAH ARIF

Pencairan BST Tahap 11 Penyalur POS
  • date_range 07 Februari 2021 11:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : ABDULLAH ARIF

Pencairan BLT Dana Desa Bulan Januari Tahun 2021
  • date_range 17 Maret 2021 12:30:00
    place Lokasi : GEDUNG SERBA GUNA DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : FADLUR ROHMAN

Pencairan BLT Dana Desa Bulan Februari Tahun 2021
  • date_range 05 April 2021 12:30:00
    place Lokasi : BALAI DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : FADLUR ROHMAN

Pencairan BST Tahap 3 dan 4 Tahun 2021 Penyalur POS
  • date_range 17 April 2021 11:00:00
    place Lokasi : KANTOR POS PACIRAN
    account_circle Koordinator : ABDULLAH ARIF

Pencairan BLT Dana Desa Bulan Maret 2021
  • date_range 29 April 2021 09:30:00
    place Lokasi : BALAI DESA SIDOKUMPUL
    account_circle Koordinator : FADLUR ROHMAN

message Komentar Terkini

  • person ahmad asani

    date_range 29 April 2021 22:54:38

    saya siap jdi relawan sgds desa di desa karacak kkecamatan leuwiliang kabupaten bogor 16640
  • person Admin

    date_range 23 April 2021 23:17:03

    mohon infonya yang belum menerima itu atas nama siapa ya?.
  • person Habib hamzah amrulloh

    date_range 23 April 2021 21:17:41

    Belum menerima
  • person ABDUL KHALIK

    date_range 04 April 2021 02:02:24

    TERUS BAGAIMANA KITA BISA MEMUNCULKAN DATA SESKUDES DI MENU TAMPILAN SEPERTI INI MAS
  • person Mikael Afandi Nangker

    date_range 03 April 2021 19:29:36

    cara penggunaan Dana Desa setiap tahunnya
  • person Ibnu

    date_range 21 Maret 2021 15:47:25

    Mohon bantuan dikirim draf SMA file rancangan APBDes nya pak/buk.trimakasih
  • person Vi'i

    date_range 01 Maret 2021 22:13:35

    Contoh proposal untuk pengajuan BLT Dan apa aja lampiran yang harus di lengkapi
  • person Zakarias

    date_range 09 Februari 2021 21:44:33

    Mohon bantuan dikirim draft APBDes dan berita acara rancangan Apbdes
  • person ANDREAS

    date_range 03 Februari 2021 22:47:52

    Mohon bantuan dikirim Draf ABPDes Tahun 2021 Tkasih
  • person Kasana

    date_range 22 Januari 2021 01:06:13

    Sangat membantu

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:200
Kemarin:774
Total Pengunjung:198.377
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:34.226.234.102
Browser:Tidak ditemukan
  • KUSRI

    Kepala DESA

  • AFIF AMRULLAH

    SEKRETARIS DESA

  • SYIFAUL WALIDAIN

    KAUR KEUANGAN

  • FADLUR ROHMAN

    KAUR PERENCANAAN

  • ABDULLAH ARIF

    KASI KESEJAHTERAAN

  • ROBETH AUTHON

    KEPALA DUSUN SIDOKUMPUL

  • IDHAM KHOLID EFFENDY

    KASI PEMERINTAHAN

settings Pengaturan Layar

TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes TA. 2021 " APBDesa Tahun berjalan " Sesuai Perkades Desa Sidokumpul Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Penjabaran Perubahan APBDes Tahun 2021
insert_chart
APBDes 2021 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 353,063,207 | Rp. 1,417,417,800
Realisasi 24.91 %
BELANJA
Rp. 342,537,922 | Rp. 1,382,417,800
Realisasi 24.78 %
PEMBIAYAAN
Rp. 0 | Rp. 37,138,831
Realisasi 0 %
insert_chart
APBDes 2021 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Dana Desa
Rp. 263,704,800 | Rp. 681,762,000
Realisasi 38.68 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 24,103,700
Realisasi 0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 88,943,505 | Rp. 236,552,100
Realisasi 37.6 %
Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota
Rp. 0 | Rp. 475,000,000
Realisasi 0 %
Bunga Bank
Rp. 414,902 | Rp. 0
Realisasi 100 %
insert_chart
APBDes 2021 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 103,838,422 | Rp. 275,655,800
Realisasi 37.67 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 196,699,500 | Rp. 934,212,000
Realisasi 21.06 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 0 | Rp. 10,000,000
Realisasi 0 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 42,000,000 | Rp. 162,550,000
Realisasi 25.84 %