LAYANAN MANDIRI
Pengertian layanan mandiri adalah layanan administrasi untuk warga desa dalam rangka mempermudah warga masyarakat dalam pengurusan surat menyurat desa secara mandiri atau dapat dilaksanakan melalui online Via Smartphone/laptop,di laksanakan oleh warga yang mempunyai keperluan terkait surat menyurat dari rumah atau dari tempat jauh.
Layanan mandiri juga dapat di manfa'atkan oleh warga desa untuk melihat data diri sendiri atau yang bersangkutan per individu,dengan layanan mandiri warga bisa mengetahui tentang data kependudukan dirinya dan dapat mengajukan perbaikan apabila data yang tertera di dalam database kependudukan sudah tidak sesuai atau untuk melakukan perubahan sesuai kondisi yang sebenarnya.
Selain hal di atas dengan fitur layanan mandiri,warga dapat mengambil berkas kartu keluarga yang dapat di download atau di cetak di manapun ketika memerlukan dengan syarat sudah memiliki kode PIN untuk masuk dan mengakses secara individu.hal ini sangat bermanfaat untuk warga masyarakat dimana terkadang membutuhkan salinan atau foto copy kartu keluarga/dokumen lain nya dalam situasi mendadak atau ketika berada jauh dari rumah untuk mengambil kartu keluarga.
Apakah Hanya Berisi KK saja ???
Fitur ini adalah program permulaan,dan saat ini baru tersedia kartu keluarga setiap kepala keluarga yang dapat di ambil/download,file kartu keluarga tersebut terhubung dengan semua anggota keluarga dan setiap anggota keluarga dapat mengambil file data tersebut dengan syarat memiliki KODE PIN masing -masing per penduduk.
Kedepan,rencana nya semua dokumen penduduk seperti KK,KTP,BUKU NIKAH,dan yang lain nya dapat tersedia di menu/fitur layanan mandiri sehingga akan semakin memudahkan warga desa Sidokumpul bila membutuhkan nya dengan kata lain warga dapat mengakses/mengambilnya kapan pun dan di manapun asalkan terhubung dengan internet dan memiliki hak akses berupa KODE PIN.
Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Pin ???
Bagi warga yang ingin memiliki kode PIN,dapat menghubungi operator/perangkat desa Sidokumpul melalui WA https://wa.me/6282332835853 bisa juga melalui kontak perangkat desa lain nya baik kepada Bapak Kepala Desa atau staf perangkat desa lain nya.
Dimana Layanan Mandiri Dapat Di Akses ???
Untuk warga desa yang sudah memiliki kode PIN dapat membuka akses nya pada link berikut : Login Layanan Mandiri Desa sidokumpul atau juga dengan mengunjungi situs website desa Sidokumpul: https://www.sidokumpul.desa.id
contoh gambar login layanan mandiri pada halaman website :
contoh gambar login layanan mandiri :
Bagaimana Agar Semua Dokumen Warga Dapat Tersimpan Di Layanan Mandiri ???
Untuk memudahkan warga masyarakat,warga juga dapat ikut berpartisifasi melengkapi dokumen kependudukan nya supaya tersimpan di dalam layanan mandiri dengan meng-apload dokumen lain nya yang belum ada seperti KTP,BUKU NIKAH,SALINAN IZAJAH atau yang lain nya sehingga ketika warga tersebut membutuhkan di manapun dapat dengan mudah mengambilnya,katakan lah layanan mandiri tersebut sebagai media penyimpanan yang aman karena hanya dapat di akses oleh warga yang bersangkutan yang memiliki kode PIN,dan guna kemudahan warga itu sendiri.
Tampilan halaman setelah masuk/login